-->
Berita Terkini Islami

Cara Mudah Install Android Marshmallow pada Smartphone Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9 dan Nexus Player

Widiyanti News - Android Marshmallow adalah sistem operasi terbaru yang belum lama ini dirilis oleh Google. Bagi anda pengguna smartphone Nexus 5, 6, 9 dan Nexus player bersenanglah karena anda sudah bisa mencicipi Android Marshmallow hanya dengan melakukan flashing. Bagi anda yang tertarik anda bisa mencoba mengunduh dan menginstall melalui cara yang akan kami berikan kali ini.

Cara Mudah Install Android Marshmallow pada Smartphone Nexus 5 Nexus 6 Nexus 9 dan Nexus Player

Pada tanggal 17 Agustus lalu Google telah secara resmi memberi nama Android M menjadi Android Marshmallow sebagai sistem operasi terbaru untuk Android. Selain berubah nama, Android M ini memiliki banyak fitur handal sehingga layak untuk ditunggu para pecinta Android agar dapat dinikmati para perangkatnya.

Untuk langkah awal, Google telah merilis Android M Developer Preview 3 untuk dapat diinstal dan digunakan oleh para developer dan penggunanya. Namun dengan catatan bahwa sistem operasi ini hanya dapat digunakan untuk perangkat Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9 dan Nexus Player.

Sehingga bagi anda yang tidak memiliki perangkat yang sudah disebutkan diatas jangan pernah mencobanya, karena sistem operasi ini tidak akan bekerja pada perangkat tersebut. Dan jika anda pengguna smartphone Nexus diatas, anda bisa mencobanya melalui langkah-langkah dibawah ini.

Perlu di ingat kembali bahwa proses ini akan menghapus semua data yang ada didalam perangkat baik itu foto, contact dan dokumen lainnya. Sehingga penting sekali untuk melakukan backup sebelum di install agar data yang anda miliki tidak hilang. Jika sudah mem-backup silahkan ikuti petunjuknya dibawah ini.

Langkah Download Marshmallow
Sebelum mengunduhnya, perlu diketahui bahwa versi vinal Android Marshmallow memiliki build number MPA44G yang bekerja seperti sistem operasi pabrikan asal Nexus, jadi anda hanya mengunduhnya kemudian melakukan flashing.
  • Download ADB Tools dan kemudian ekstrak file berbentuk zip tersebut
  • Download Android M Preview Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9 dan Nexus Player kemudian ekstrak didalam folder ADB Tools
  • Unlock bootloader
  • Aktifkan USB Debugging pada perangkat Nexus anda
  • Siapkan sebuah perangkat komputer atau laptop karena driver yang relevan diinstal pada komputer atau laptop
Cara Install Marshmallow 
  • Matikan perangkat Nexus anda
  • Tekan dan tahan secara bersamaan tombol "Power" dan "Volume Down" untuk merestart perangkat agar dapat masuk ke bootloader
  • Sambungkan perangkat Nexus ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB 
  • Buka Windows Explorer kemudian cari firmware yang anda ekstrak didalam folder ADB Tools tadi
  • Kemudian double click pada file bernama flash-all.bat dan tunggu prosesnya sampai selesai
Jika sudah selesai biasanya perangkat Nexus anda akan melakukan reboot, tunggu sampai selesai dan selamat perangkat anda kini sudah menjalankan Android Marshmallow. Namun, perlu diingat kembali bahwa tidak semua fitur yang dimiliki Marshmallow dapat anda nikmati. Namun, setidaknya anda dapat mencicipi tampilan terbaru dari sistem operasi Android M. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Daftar Jadi Penulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Daftar Jadi Penulis