-->
Berita Terkini Islami

Cara Ampuh Atasi Memori Internal Smartphone Yang Penuh

Cara Ampuh Atasi Memori Internal Smartphone Yang Penuh - Pada jaman sekarang ini hampir semua smartphone memiliki kapasitas internal yang sangat besar, dari 16GB sampai 32GB. Namun ada sebagian sahabat yang mengeluh dikarenakan ponselnya mengalami kepenuhan data pada penyimpanannya, sehingga kerap kali harus menghapus beberapa data foto dan musik dan ponselnya.

Cara Ampuh Atasi Memori Internal Smartphone Yang Penuh

Hal ini disebabkan karena resolusi kamera yang semakin besar sehingga membuat ukuran filenya juga semakin besar, selain itu banyak juga data yang ditampung seperti dokumen, file, multimedia, sampah dan cache ponsel. 

Namun, ada juga beberapa smartphone yang saat ini justru tidak menyediakan slot memori eksternal seperti Samsung Galaxy Note 5 dan beberapa perangkat iPhone yang sampai saat ini tidak menyediakan ruang ini. Nah, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi memori internal smartphone yang mulai penuh.

1. Menggunakan Memori Eksternal
Ada sebagian smartphone yang menyediakan slot memori eksternal, Anda bisa maksimalkan slot tersebut dengan cara menggunakan memori berkapasitas 16GB, 32GB, 64GB dan sampai seterusnya sesuai dengan kapasitas maksimum smartphone tersebut. 

Memilih kartu memori juga harus Anda perhatikan, semakin baik kelas dari memori eksternal tersebut, maka akan semakin cepat kecepatan transfer data yang dapat digunakan. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi gratis untuk memindahkan aplikasi yang Anda install ke memori eksternal yang tersedia di Playsotore.

2. Memanfaatkan Cloud Storage
Dunia smartphone memang tidak lepas dari dunia internet, sehingga Anda bisa memanfaatkan media penyimpanan awan atau Cloud Storage dengan cara membuat sebuah akun terlebih dahulu. Beberapa penyimpanan yang saat ini terkenal diantaranya seperti Google Drive, Dropbox dan OneDrive. Di pusat aplikasi Playstore juga sudah tersedia aplikasi ini.

Anda hanya perlu membuat akun, selain gratis media penyimpanan awan ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperbesar storage smartphone Anda. Keuntungan menggunakan Cloud Storage adalah Anda tidak perlu lagi pusing masalah kehabisan tempat untuk menyimpan data, selain itu Anda juga bisa mengakses dari berbagai perangkat lain dengan menggunakan akun yang telah anda daftarkan tersebut. Hanya saja kendala untuk alternatif ini adalah koneksi internet yang mungkin agak sedikit memakan banyak kuota dan sedikit lambat.

3. Rutin Membersihkan Cache Ponsel
Disaat Anda selesai browsing, mengakses Facebook, Instagram, Path dan aplikasi lainnya bisa saja meninggalkan file cache. Walau ukuran file ini tergolong kecil, tetapi jika dalam jumlah yang banyak juga akan membuat penyimpanan ponsel Anda habis.

Sebaiknya bersihkan secara berkala file cache dan file sampah ponsel smartphone Anda. Anda juga dapat menggunakan aplikasi gratis yang banyak di sediakan di dalam Playstore seperti CCleaner atau Clean Master.

Nah bagaimana sahabat Widiyanti News? Cukup mudah bukan membersihkan dan mengatasi masalah memori internal smartphone yang penuh ini. Semoga artikel yang kami bagikan ini bisa membantu anda ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Daftar Jadi Penulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Daftar Jadi Penulis